Senin, 14 November 2016
0 komentar

Menemukan Mutiara di Katedral Keuskupan Surabaya

21.42
Aksi Panggilan 2016 kali ini diadakan di empat paroki yang ada di Surabaya. Surabaya? Ya, ibu kota Jawa Timur ini lah yang  kali ini akan dikunjungi. Ada empat paroki yang “beruntung”, yakni Paroki Hati Kudus Yesus, Paroki Kristus Raja, Paroki Ratu Pecinta Dama serta Paroki Aloysius Gonzaga.

Saya dan teman – teman saya yang lain (28 orang) mendapatkan tugas “perutusan” untuk menyebarkan benih panggilan di Paroki Hati Kudus Yesus. For your information, paroki Hati Kudus Yesus merupakan paroki Katedral yang ada di Keuskupan Surabaya. Jujur, perasaan saya setelah tahu bahwa saya akan diutus kesana adalah takut, karena saya memiliki beberapa alasan. Alasanku yang pertama, yakni aku takut akan ‘diabaikan’ oleh umat yang ada disana, karena pikiranku langsung memikirkan letak dari paroki HKY itu sendiri yang berada di kota Megapolitan dengan segala kecanggihan dan kemajuan teknologi yang ada. Aku takut mereka akan ‘cuek’ kepadaku. Lalu, ketakutanku yang kedua, ialah aku merasa minder sebagai seorang seminaris yang tidak tahu-menahu tentang kecanggihan ataupun kemajuan teknologi yang sedang mereka rasakan. Aku takut kalau nanti aku tidak akan bisa bergaul dengan baik karena ‘dangkal’nya wawasanku terhadap teknologi. Pada intinya, sebelum aku berangkat, aku sangat takut, takut, dan takut.

Tetapi seperti kata pepatah, ‘Jangan nilai buku dari sampulnya’ seperti itu jugalah pengalamanku saat berada langsung disana. Apa yang aku pikirkan sepenuhnya salah dan aku pun bisa menemukan mutiara di kota Megapolitan tersebut, khususnya di paroki Katedral Keuskupan Surabaya ini.
Mutiara pertama yang ‘berhasil’ kutemukan adalah pengalamanku bersama umat DPP paroki katedral ini. Aku sangat kagum dan bangga terhadap mereka. Karena mereka menunjukkan rasa kesetiaan dan pelayanan mereka kepada kami. Mereka sangat setia mendampingi kami dalam setiap acara, mereka menyediakan snack, makanan kepada kami, setiap hari. Selain itu, mereka juga dengan setia mengantarkan kami antar-jemput disaat kami sedang ada acara di paroki. Sikap mereka ini juga yang mengajarkan aku untuk memiliki sikap setia ini, khusunya dalam menghadapi tugas dan tanggung jawabku sehari – hari di Seminari Garum ini.

Lalu, mutiara yang kedua ini, aku temukan saat aku mengalami peristiwa di dalam keluarga. Keluarga yang aku tempati ini merupakan keluarga yang sangat sederhana, namun guyub. Bahkan, kerukunan serta dinamika kehidupan keluarga ini mengingatkanku akan keluarga kandungku sendiri. Mereka mau menerimaku dengan baik dan dengan keramahan, bahkan mereka sangat  respect kepadaku, walaupun aku tahu, aku tidak pantas mendapatkan hal itu. Lalu, yang membuatku lebih terharu lagi adalah mereka sangat rukun, walaupun mereka hidup dalam keserhanaan. Aku dapat belajar dari keluarga ini, untuk selalu senantiasa bersyukur walau kehidupanku terkadang tidak enak dan tidak sesuai dengan apa yang aku pikirkan.

Mutiara yang ketiga, yang membuatku  ‘sedikit’ menyesal karena telah menghakimi paroki katedral adalah saat pertemuan OMK-Rekat. Para OMK-Rekat paroki Hati Kudus Yesus ini sangat aktif dan mau menghormati serta menghargai. Mereka tidak seperti orang muda lain diluar sana yang sangat ‘kecanduan’ handphone. Saat sesi mereka menyimpan semuanya itu dan mengikuti acara dengan sangat antusias. Bahkan, mereka pun mau bergaul, bersukacita dengan kami yang mungkin, menurut mereka orang asing. Mereka tidak gengsi untuk berkenalan dengan kami. Dari sini, saya pun belajar untuk menerima semua orang tanpa memandang perbedaan satu dengan yang lainnya.

Akhir katam aku mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telibat aktif dalam aksi panggilan di paroki Hati Kudus Yesus ini, khususnya aku berterimakasih kepada Romo Paroki Hati Kudus Yesus, orang – orang DPP, khususnya Ibu Ety, Ibu Martha, Pak Hendrik dan lain – lain, eyang Sukar dan sekeluarga, anggota Misdinar-Rekat-OMK paroki Hati Kudus Yesus yang telah menyambut kami. Terima kasih atas mutiara yang berguna bagi kehidupanku. (Christopher Davinci Rettob)


AKSI PANGGILAN HKY 2016!!!

SERUUUU

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top